Asmara Asmara Asmara

Inilah Mesjid Termegah di Amerika

Selasa, 25 Desember 2012
Muslim Amerika memang tidak terlalu banyak, namun akhir-akhir ini warga Amerika yang masuk Islam semakin banyak. Akan tetapi dengan sedikitnya muslim di Amerika, bukan artinya negara adidaya ini tidak memiliki masjid megah. Berkunjunglah ke Islamic Center of America (ICoA). Inilah masjid paling megah di AS yang  bisa menampung 3000 jama’ah.

Mungkin selama ini tidak banyak yang tahu kalau AS memiliki tempat ibadah umat Muslim yang cukup megah. Berada di 19500 Ford Road, Dearborn, Michigan, Islamic Center of America (ICoA) berdiri dengan megah dan gagahnya. Ini adalah masjid sekaligus pusat kegiatan umat Muslim terbesar di AS.

Ternyata, Islamic Center of America bukan sekadar tempat untuk belajar agama saja, tetapi juga tempat ibadah yang ramai dikunjungi umat Muslim. Kawasan Islamic Center of America berdiri di atas tanah seluas 21.000 m2. Tak heran kalau ICoA disebut-sebut sebagai masjid paling megah di AS.

Dilihat dari kejauhan, Masjid ICoA tampak begitu anggun dengan rerumputan hijau yang menjadi karpet alami. Anda pun bisa menikmati sejuknya udara sambil duduk-duduk di taman.

Masjid ICoA semakin megah dengan kubah kuning besar yang menjadi atapnya. Dua buah menara tinggi besar seolah menjadi pengawal masjid yang setia. Pintu kayu besar penuh ukiran cantik pun menjadi gerbang selamat datang bagi setiap muslim.

mesjid termegah di amerika

Masuk ke dalam, Anda bisa melihat ruang ibadah ICoA yang sangat luas. Karpet empuk menghiasi lantainya. Banyak umat Muslim AS yang menghabiskan waktu dengan membaca Al Quran di sana.

Jika menengok ke sejarahnya, Islamic Center of America (ICoA) ternyata sudah berdiri sejak tahun 1963 dan menjadi salah satu institusi tertua yang ada di Amerika Utara, seperti yang ditulis situs resmi Islamic Center of America, Kamis (2/8/2012). Banyak umat Muslim Amerika yang datang ke tempat ini untuk mendalami ilmu agama.

Ya, ICoA memang sengaja dibuat untuk dakwah Islam di Negeri Paman Sam. Di sini, umat Muslim yang ingin beribadah dan belajar agama Islam atau pun yang ingin mengetahui budaya Arab, bisa datang langsung. Ada banyak guru yang bersedia menjawab segala pertanyaan Anda.

Berbagai fasilitas juga tersedia di Masjid ICoA ini, seperti ruang pertemuan, kantor, hingga sekolah Islam. Tak heran kalau komplek ini begitu besar mencapai puluhan ribu meter persegi.

Sama seperti masjid lain pada umumnya, ICoA dibuka setiap hari 24 jam. Saat traveling ke AS, Anda bisa menyambangi masjid ini setiap waktu

Info tambahan (dari Muxlimo) :

Konon inisiatif pembangunan Islamik Center itu (ICoA) berasal ketika wafatnya Duta Besar Turki untuk Amerika, dan merasa kesulitan mendapatkan mesjid untuk mensholatkan jenazah. Berangkat dari hal ini lah, diadakan penggalangan dana dari negara yang mempunyai penduduk mayoritas Muslim, diantaranya Indonesia.

14 komentar:

  1. Subhanallah.. semoga bertambah saja yang meramaikan mesjid ini

    BalasHapus
  2. ternyata ada juga mesjid yang megah disana :D

    heheh kirain saya lagi buka facebook nih ehh ternyata gak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga pengisinya juga semakin banyak.. kalau blog ini beda dikit lah sama Fb :)

      Hapus
  3. Masya Allah, semoga islam menjadi tuan rumah di negara adidaya..

    BalasHapus
  4. Ajeb, Lur..
    Konon inisiatif pembangunan Islamic Center di Amrik ituh karena Duta Besar Turki untuk AS wafat tapi gak ada tempat buat nyolatin jenazahnya ya. Akhirnya digalang patungan dana dari setiap negara dengan penduduk mayoritas muslim, termasuk Endonesa :D

    btw, cikan bagi atuh link donlot template na lah.. :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nuhun ifona kang... tapi nyolatin jenazah duta besar Turki nya ga nunggu pembangunan beres kan :)
      ke urang pilari deui.. hilap link na :D

      Hapus
  5. semoga makin indah dan ramai masjid yah,, nice blog

    BalasHapus
    Balasan
    1. mudah2an sob... semoga bisnis website nya lancar :)

      Hapus
  6. Luar biasa Mas,,ini menjadi suatu yang patut kita syukuri ternyata masih da Mesjid ditengah Amerika.

    BalasHapus
  7. Subhanallah.... ternyata disana ada juga masjid yg megah....

    BalasHapus
  8. subhanallah , masjidnya bagus banget , kapan dekat rumah q ada masjid seperti itu
    http://wmrware.blogspot.com/

    BalasHapus

Entri Terbaru

Komentar Sahabat